Arsip Bulanan: Juli 2020

Bermain Golf, Tips untuk Pemula

Golf merupakan permainan luar ruangan yang dimainkan secara perorangan atau tim. Tujuannya adalah untuk dapat memasukkan bola ke dalam lubang – lubang yang ada namun dengan jumlah pukulan sesedikit mungkin. Alat yang digunakan untuk memukul bola golf adalah klab. Untuk dapat bermain golf, membutuhkan lapangan yang tidaklah standar, melainkan berada di padang golf yang biasanya memiliki desain unik dan terdiri dari 9/18 lubang.

Pada pukulan pertama dipukul dari teeing ground, kecuali pada permainan yang disebut dengan foursomes. Anggota pada setiap tim pemukul akan bergantian dengan menggunakan satu bola. Intinya semakin sedikit pukulan, maka itu akan semakin baik.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika tertarik pada olahraga satu ini.

Tips Bermain Golf

1.Sabar

Yang pertama dan terpenting Anda harus bisa sabar ketika melakukan olah raga ini. Fokuslah kepada pukulan yang akan dilakukan, pupuklah kesabaran. Lakukan langkah demi langkah dengan dengan fokus dan tanpa emosi, karena itu akan semakin membuat permainan Anda lebih baik.

2.Datangi Tempat Latihan dan Perkuat Mental

Untuk langkah awal, coba datangi tempat latihan yang berada di sekitar lokasi. Ajak juga seseorang yang sudah ahli untuk menjadi seorang mentor. Dengan berlatih di tempat latihan, Anda akan lebih baik lagi dalam mempelajari teknik memukul bola. Lalu jika sudah yakin Anda dapat langsung mencobanya di lapangan golf sesungguhnya.

Selama berlatih memukul, persiapkanlah mental yang cukup. Pada tempat latihan akan ada banyak orang yang juga berlatih di sekitar Anda, coba untuk tetap berkonsentrasi untuk melakukan permainan golf. Jangan sampai Anda ketakutan atau bahkan grogi saat hendak memukul bola, ini dapat membuat konsentrasi terganggu. Selalu perhatikan sikap tubuh dan ayunan stik yang dilakukan.

3.Club Set

Jika yakin mampu untuk memukul bola dengan baik, dapat menjadi pertimbangan untuk memiliki set stik golf yang lengkap. Sesuaikan keuangan Anda dan juga kesungguhan dalam bermain golf saat hendak memiliki perlengkapan stik.

4.Perlengkapan lain

Untuk memainkan golf, bukan hanya club set saja yang dibutuhkan. Ada beberapa perlengkapan penunjang lain. Seperti sepatu dan tshirt yang dikhususkan untuk bermain golf. Ada juga topi, sarung tangan, sampai handuk kecil untuk mengelap keringat Anda.

5. Hindari Keinginan Memukul Jauh

Cobalah hindari keinginan untuk memukul jauh, cobalah untuk nikmati prosesnya. Perhatikan apakah bola yang akan dipukul sudah tegak lurus dengan permukaan dari stik saat sedang mengayunkannya ke belakang. Atau telah cukup kuat untuk melakukan pukulan. Perhatikan juga posisi permukaan stik telah tegak lurus dengan permukaan dari bola golf.

6.Gunakan Bola Golf Seperlunya

Biasanya berlatih di tempat latihan memang menguras banyak tenaga juga biaya. Anda bisa coba memperhitungkan biaya yang dikeluarkan, salah satunya adalah saat menggunakan penyewaan bola dan caddy. Semakin banyak bola yang Anda gunakan, makan akan semakin banyak biaya yang dikeluarkan. Sama seperti saat menggunakan jasa caddy, Anda bisa menguras banyak tenaga untuk dapat memposisikan bola di atas tee.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk Anda yang baru saja memulai untuk memulai untuk berlatih golf. Mungkin akan sulit pada awalnya untuk memasukkan bola pada lubang yang ada, tapi jika semakin diasah, maka semakin lama Anda akan semakin terbiasa untuk memukul bola memasuki lubang. Selamat mencoba!

Kegiatan Susur Sungai

Tahukah kamu apa itu kegiatan susur sungai?

Susur sungai merupakan kegiatan pengenalan pada alam dengan manfaat yang banyak. Salah satu manfaat dari kegiatan ini adalah untuk bisa mencegah banjir bandang. Karena dalam kegiatan ini, kita juga akan mencari sumbatan – sumbatan yang ada di sungai.

Namun saat sedang melakukan susur sungai, keamanan menjadi hal yang wajib menjadi perhatian, karena kegiatan ini cukup berbahaya. Saat melakukan susur sungai, kita dapat menemukan beragam rute atau jalur tracking dengan karakteristik berbeda. Selain itu kita juga bisa merasakan suasana rimba yang sangat asri.

Selain melakukan susur sungai, kita juga bisa sembari hiking & tracking, yaitu dengan malakukan jalan kaki pada suatu tempat di jalan yang berbukit dan pegunungan. Biasanya jalur – jalur ini memiliki panorama yang indah dan biasa digunakan sebagai rute pejalan masyarakat setempat untuk bisa melakukan aktivitas.

Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda yang tertarik untuk melakukan susur sungai.

Tips Susur Sungai

1.Perlu Dilengkapi dengan APD

Kegiatan susur sungai tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Itu sebabnya bagi mereka yang sedang melakukan susur sungai wajib untuk menggunakan APD atau alat pengaman diri. Selain itu jangan juga mengajak anak – anak pada kegiatan ini. Karena medan yang kurang jelas, dikhawatirkan bisa membahayakan anak – anak.

Perhatikan juga alas kaki yang akan digunakan, jangan sembarang menggunakan sandal dengan alas licin. Karena medan yang akan ditempuh nantinya banyak lumut dan berair. Jadi coba lah gunakan sepatu gunung atau semacamnya.

2.Perhatikan Potensi Ancaman

Sudah sebaiknya sebelum memulai melakukan kegiatan ini ntuk bisa memperhatikan kondisi cuaca dan juga kenali potensi ancaman yang mungkin terjadi sedini mungkin. Ini memiliki tujuan untuk menjadi antisipasi dini.

Jika dilakukan dalam kegiatan pramuka, pastikan tidak akan menimbulkan trauma pada kalangan anak. Selain itu saat membawa anak – anak di kegiatan ini perhatikan aspek keselamatan, seperti cuaca, potensi ancaman, sampai ke resiko yang mungkin akan terjadi.

Sehingga nantinya jika terjadi hal yang sudah dipikirkan sebelumnya, bisa lebih mudah mengantisipasinya. Bisa juga membawa barang – barang tambahan yang mungkin diperlukan jika nantinya mengalami ancaman.

3.Izin ke Perangkat Desa

Nah, jika hendak melakukan susur sungai, sebaiknya izin pada perangkat desa atau pengelola wisata. Ini karena pengelola wisata dan perangkat desa lebih mengenali seluk beluk dari lokasi yang nantinya akan digunakan.

Selain itu ini juga bisa menjadi antisipasi jika nantinya tim susur sungai tidak kembali atau tersesat dalam beberapa hari, sehingga pengelola wisata dan perangkat desa akan menjadi lebih sigap. Mereka akan mengetahui tentang tim susur sungai yang belum kembali, sehingga pencarian akan lebih awal dilakukan.

Jadi disarankan jika hendak melakukan susur sungai, sebaiknya untuk membawa seseorang yang memang paham akan daerah tersebut.

Itulah beberapa tips yang wajib diperhatikan ketika hendak melakukan susur sungai. Kegiatan ini memang cukup seru dan menantang untuk dilakukan, apalagi bersama dengan teman – teman. Namun ini juga kegiatan yang berbahaya, karena yang ditemui di depan bukan merupakan daerah yang biasa di akses oleh manusia, merupakan tempat baru yang mungkin akan terkesan asing oleh banyak orang.

Tapi banyak juga manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan ini, jadi kalau ingin melakukannya kita wajib untuk berhati – hati, ya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!

Inilah Gunung Terbaik untuk Didaki

Indonesia merupakan negara yang berada pada wilayah seismik paling aktif di dunia. Setidaknya kini terdapat lebih dari 130 gunung berapi yang aktif dan juga rentan dengan letusan penyebab gempa. Meski terdengar menyeramkan karena adanya aktivitas tidak terduga dari gunung, tapi para pendaki gunung merasa tertantang untuk itu.

Mendaki gunung berapi bagi sebagian orang menjadi sebuah pengalaman unik tersendiri, apalagi jika memiliki jalur menantang dengan informasi yang seadanya. Selain itu bisa juga selama mendaki menemukan hutan, kawah, danau, atau hal lain yang akan semakin membuat perjalanan terasa menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang paling menyenangkan untuk didaki di Indonesia.

Gunung Berapi Paling Menyenangkan untuk Didaki

1.Gunung Papandayan – Garut

Pertama ada Gunung Papandayan yang berada di Garut, Jawa Barat. Gunung satu ini merupakan gunung favorit untuk para pendaki, karena 2 hari juga sudah cukup untuk mendaki gunung ini. Jadi bagi mereka yang sibuk bisa mencoba untuk mendaki gunung satu ini. Selain itu gunung ini cocok untuk yang merupakan pendaki pemula.

Keunikan lain dari gunung ini ada di kawahnya, yang di mana kawah bisa terlihat setelah mendaki ke puncaknya. Ini berati base camp yang biasa dibangun pada sisi berlawanan dari kawah, di sini base camp tepat berada di bawah kawah. Banyak uap yang muncul membuat pemandangan dari Gunung Papandayan sangat indah. Disini bisa juga ditemukan hutan mati dan padang edelweiss di tempat bernama Tegal Alun.

2.Gunung Merbabu – Jawa Tengah

Gunung merbabu merupakan gunung yang akan menyajikan para pendaki pemandangan matahari terbit yang terbaik, lengkap dengan awan cumulus yang tampak nyaman jika bisa tidur di sana. Ada 2 puncak yang terdapat di Gunung Merbabu, yaitu Puncak Syarief dan juga Puncak Kenteng Songo.

3.Gunung Prau – Wonosobo

Meski bukan merupakan gunung berapi aktif, Gunung Prau ini berada pada kompleks gunung berapi besar, yaitu Dieng Plateau. Oleh karena itu kegiatan panas bumi masih ada di sekitar gunung ini. Selain itu ada juga danau asam yang berada di dataran tinggi sini.

Nama Prau sendiri berarti Perahu, karena bentuknya tampak seperti perahu. Untuk mendaki gunung ini tidak dibutuhkan waktu berhari – hari, jadi cocok untuk yang hendak melakukan pendakian singkat. Meski demikian, pemandangan yang ada pada puncak gunung ini tak kalah menakjubkan dari gunung – gunung lainnya.

4.Gunung Semeru – Jawa Timur

Gunung Semeru dinobatkan sebagai gunung berarti tertinggi yang ada di Jawa Timur dan medan yang dilalui untuk mencapai puncak gunung ini cukuplah berat. Dari basecamp, untuk bisa mencapai tempat bertenda terakhir, mungkin jalur yang ditempuh masih tergolong mudah dengan kemiringan yang normal. Sedangkan jika sudah mencapai titik akhir, akan ada rute pendakian yang berbatu, penuh akan pasir, juga memiliki tanjakan yang curam.

Di gunung ini akan diperlukan usaha ekstra agar bisa mencapai puncak gunung semeru. Tetapi jika sudah tiba di puncak, semua akan terasa terbayarkan.

Jika sudah di sini, cobalah menunggu ledakan kecil rutin yang dimana orang – orang menyebutnya “Wedus Gembel”, ini merupakan sebuah ledakan kecil yang merupakan dampak aktivitas vulkanik dari Gunung Semeru. Jika sudah ke sini, coba habiskan semalam di danau cantik, Ranu Kumbolo.

Nah, itulah beberapa gunung yang direkomendasikan untuk didaki. Keindahannya membuat rasa lelah ketika mendaki terbayarkan dengan sempurna.

Kegiatan Outdoor Menarik untuk Akhir Pekan

Biasanya menghabiskan akhir pekan dilakukan hanya dalam ruangan sambil memainkan gadget atau menonton film. Namun jika setiap minggu hanya melakukan kegiatan yang sama secara berulang – ulang, pastinya lama kelamaan akan semakin terasa membosankan.

Kegiatan di luar ruangan bisa, loh, membantu kita dalam menjernihkan pikiran. Suasana baru yang kita lakukan di akhir pekan akan membuat kita menjadi lebih semangat dalam menjalani hari – hari ke depannya.

Tapi kegiatan Outdoor apa saja yang bisa kita lakukan untuk merubah rutinitas akhir pekan kita? Berikut adalah beberapa kegiatan Outdoor yang bisa untuk dicoba!

Kegiatan Outdoor Akhir Pekan

1.Berenang

Berenang bisa menjadi salah satu kegiatan Outdoor murah untuk akhir pekan. Apalagi jika memiliki area kolam renang pribadi, pasti akanlah sangat menyenangkan. Tapi jika tidak memilikinya, banyak tempat renang yang bisa dikunjungi dengan harga terjangkau. Kita hanya perlu siapkan pakaian renang dan perlengkapan yang dibutuhkan, lalu pergi ke kolam renang terdekat.

Selain lebih menyenangkan karena bermain air, berenang merupakan salah satu olahraga yang bisa menyehatkan dan juga menenangkan pikiran kita. Jadi sering – sering berenang bisa membuat kita sehat dan lebih santai dalam menjalani hari.

2.Piknik

Piknik kini menjadi kegiatan yang sangat jarang dilakukan, pasalnya kini cukup sulit untuk menemukan tempat yang bisa dijadikan lokasi piknik. Tapi jika memiliki halaman belakang, tempat itu bisa dijadikan lahan untuk piknik, kok! Apalagi sambil mengajak keluarga untuk melakukannya bersama.

Siapkan makanan, minuman, benda – benda yang bisa menjadi hiburan kala piknik, dan tentunya alasnya untuk duduk. Cari tempat terstrategis dan ternyaman untuk  piknik dan lakukan bersama dengan orang – orang yang disayangi.

3.Pergi ke Taman

Pergi ke Taman merupakan sebuah ide sederhana yang mungkin sering diabaikan dari list kegiatan Outdoor yang menyenangkan. Padahal dengan pergi ke taman, kita bisa berkegiatan Outdoor tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun! Kecuali kalau jajan, ya.

Di Taman, kamu dapat berjalan kaki, bersantai, menghirup udara segar, berolahraga, membaca buku dalam kondisi yang tenang, dan bisa membantu kamu untuk menenangkan pikiran.

4.Mendaki Gunung

Jika kamu tidak suka mendaki gunung karena merasa pasti melelahkan, bagaimana jika kamu mencobanya terlebih dahulu? Kegiatan ini memang jarang terlintas dipikiran orang yang tidak begitu menyukai kegiatan Outdoor, namun mendaki gunung bisa membuat ketagihan, loh.

Apalagi ketika menanjak dan badan sudah letih, tapi saat mencapai puncaknya, badan akan terasa kembali segar karena kita dapat melihat pemandangan alam yang indah di depan mata kita. Lakukan kegiatan ini bersama dengan teman atau keluarga agar menjadi lebih menyenangkan.

5.Bersepeda

Terakhir, cobalah bersepeda setidaknya berkeliling kompleks. Jika memang merasa kurang puas dengan bersepeda di dalam kompleks, cobalah untuk bersepeda keluar kompleks atau pergi ke Car Free Day yang di mana banyak terdapat orang mengendarai sepeda mereka.

Kegiatan ini selain menyenangkan, juga merupakan salah satu cara tubuh kita menjadi lebih aktif bergerak. Selain itu pemandangan ketika kita bersepeda dapat membuat kita kembali jernih pikirannya .

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika akhir pekan di outdoor. Sesekali cobalah keluar rumah dan melakukan aktivitas baru yang jarang dilakukan sebelumnya, sehingga tubuh ikut bergerak dan pikiran tidak jenuh.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih.

Mempelajari Parkour Bagi Pemula

Kini semakin banyak olah raga ekstrim yang bisa kita coba lakukan untuk memacu adrenalin. Kegiatan yang biasa dilakukan oleh anak muda ini akan memacu rasa adrenalin kita yang melakukannya. Salah satu olahraga ekstrem yang akhir – akhir ini menjadi favorit anak muda adalah parkour. Parkour sendiri merupakan olahraga yang melibatkan gerakan – gerakan tubuh yang cepat dan juga sulit. Tujuannya adalah untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan lebih cepat.

Kegiatan ini biasa lebih dikenal senagai seni gerak lincah karena melibatkan gerakan – gerakan tubuh yang lincah dan juga cepat. Tetapi gerakan – gerakan yang ada pada parkour cukup sulit untuk bisa dilakukan. Jadi bagi kamu yang ingin belajar mengenai Parkour, coba simak ulasan berikut ini, yuk!

Parkour

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, Parkour adalah olahraga yang melibatkan gerakan tubuh dan masuk dalam olahraga berbahaya. Meski demikian kini sangat banyak yang tertarik untuk mencoba melakukan parkour.

Bagi yang ingin mencoba parkour, terdapat beberapa teknik dasar yang bisa harus dikuasai untuk pemula hal ini sama seperti para pemain casino online yang memiliki teknik dasar yang harus di gunakan para pemain judi casino online pemula. Seperti lompatan ke atas dan bawah. Saat mempelajari parkour, lompatan merupakan faktor paling dasar yang harus bisa dikuasai. Karena jika tidak menguasai lompatan, kamu tidak dapat mempelajari gerakan – gerakan selanjutnya.

Untuk bisa dengan cepat menguasai teknik ini, cobalah lakukan lompat naik turun berulang – ulang kali dengan tujuan untuk membuat kaki menjadi lebih kuat dan cepat. Selain itu lompatan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas kaki.

Roll juga merupakan faktor peting dalam melakukan parkour. Dengan menguasai teknik roll ini, tubuh tidaklah akan terlalu keras ketika terhempas ke bawah. Teknik yang bisa diaplikasikan adalah roll depan atau belakang. Dengan gerakan ini, bisa juga dilanjutkan melompat lalu berlari.

Lalu ada Wall Climb, gerakan memanjat sesuatu yang lebih tinggi dari pada tubuh. Fokusnya adalah untuk menarik tubuh ke atas. Sering – sering lakukan push up untuk bisa menambah kekuatan tangan dan otot lain ketika tengah memanjat.

Jumping over, gerakan parkour yang juga wajib untuk pemula kuasai. Pelajari dengan cara mempelajarinya dengan tekun, karena ini merupakan teknik yang cukup sulit untuk dilakukan. Dibutuhkan gerakan yang sangatlah aktif dan juga biasanya untuk melakukannya dibutuhkan rintangan. Seperti misalnya dinding, portal, dan lainnya.

Selanjutnya ada Precision Jump yang merupakan lompatan yang menggunakan kedua kaki saat mendarat. Lebih tepatnya merupakan lompatan bentuk parabola. Agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan secara rutin.

Vaulting juga sangat penting untuk para pemula, pasalnya metode ini biasa dilakukan untuk bisa melompati rintangan lebih jauh lagi. Kamu bisa menggunakan dua tangan atau satu tangan ketika sedang melakukan teknik ini.

Teknik terakhir yang harus dipelajari dengan baik untuk bisa melakukan parkour adalah Swinging Through. Gerakan ini merupakan teknik bergelantung pada tiang dan tergolong sulit. Teknik ini membutuhkan keseimbangan yang baik dan juga otot tangan haruslah kuat. Bahkan untuk melakukan pendaratan kaki akan menjadi tumpuannya.

Nah, itulah ulasan tentang cara belajar parkour untuk para pemula beserta dengan teknik – teknik yang wajib untuk dipelajari. Pastikan untuk belajar dengan yang profesional, jangan melakukan latihan – latihan ekstrem sendiri. Karena dikhawatirkan akan berakibat buruk dan menyebabkan cidera serius.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk yang sedang mencari tahu mengenai Parkour.

Tips Bermain Skateboard Untuk Pemula

Skateboarding memang hingga kini masih menjadi hal yang seru untuk dibahas. Terlebih lagi saat kita kecil, melihat pemain skateboard membuat kita ingin mencoba juga bermain dan marasakan berseluncur dengan papan beroda tersebut. Banyak juga yang mengatakan kalau skateboard adalah permainan yang biasa dimainkan oleh anak – anak gaul ibukota.

Nah, bagi kamu yang ingin memulai bermain skateboard, cobalah beberap atips berikut ini.

Tips Bermain Skateboard

1.Membutuhkan Keahlian

Bermain skateboard bukan hanya sekedar berseluncur saja, karena meski tampak mudah, jika ingin bermain ini sangat membutuhkan kemampuan yang tinggi. Ketangkasan juga merupakan keahlian yang dibutuhkan untuk bisa lancar memainkan skateboard.

Banyak teknik dan juga trik yang akan membuat para pemain skateboard semakin merasa tertantang dan penasaran slot bonus 100 dengan teknik – teknik baru. Bahkan tak jarang gerakan – gerakan inovasi yang dilakukan pemain skateboard terdapat gerakan akrobatik di dalamnya.

Biasanya para pemain skateboard berlatih di tempat seperti kolam cekung yang memiliki permukaan halus dan rata. Namun untuk para pemula, lebih baik mencoba melakukannya di taman dengan menggunakan peralatan sederhana.

2.Gunakan Peralatan lengkap

Hal penting yang harus diperhatikan saat bermain skateboard adalah peralatan yang kamu gunakan haruslah lengkap. Meski kamu hanya akan melakukan beragam tindakan dasar, tapi tidak ada salahnya menggunakan slot deposit via pulsa peralatan yang lengkap untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Pilih papan skate yang tepat dan bisa membuat kamu nyaman, halm pelindung, sepatu yang melindungi kaki, dan juga pelindung untuk lutut dan siku.

3.Teknik Dasar

Lakukan latihan teknik dasar di atas papan skate. Jaga keseimbangan tubuh, karena skateboard adalah papan beroda yang mudah untuk bergerak, itu akan membuat papan mudah untuk tergelincir dan mudah bergerak. Jadi cobalah mencari posisi yang dimana kamu dapat berdiri dengan nyamandan seimbang di atas skateboard.

4.Teknik Melaju

Ketika sudah berhasil berdiri dengan seimbang di atas papan skate, selanjutnya adalah coba untuk berseluncur. Henakkan salah satu kaki dan gunakan sebagai pendorong. Ketika papan mulai berjalan, letakkan RTP Slot Hari Ini kembali kaki pada atas papan. Ini dilakukan agar keseimbangan tetap terjaga jadi meminimalisir kemungkinan terjatuh.

Jika merasa kecepatannya mulai berkurang, kembali lakukan hal yang sama untuk menambahkan kecepatan.

5.Coba Bergabung Komunitas

Kini sudah banyak terdapat komunitas skateboard yang bisa kamu ikuti. Banyak komunitas yang menerima orang baru, sehingga bisa saling berbagi pengalaman untuk bermain skateboard. Selain itu mereka juga dapat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan. Dijamin kemampuan skateboarding akan meningkat jika sering berkumpul bersama degan komunitas – komunitas itu.

Selain itu dnegan bergabung dengan komunitas, kamu akan mendapatkan banyak teman baru. Jadi bukan sekesar bermain skateboard, namun juga menambah kerabat. Manfaat lainnya kamu bisa menjadi lebih meningkatkan ketangkasan dalam bermain. Karena mereka bisa memberikan tips – tips penting ketika tengah berlatih skateboard.

Itulah beberapa Tips yang bisa dilakukan ketika hendak bermain skateboard. Jangan anggap remeh permainan yang memang tampak sederhana ini, karena jika dilakukan dengan sembarangan maka bisa berakibat fatal nantinya.

Mulailah dengan yang sederhana terlebih dahulu, karena pemain skateboard pro juga melakukan latihan sederhana sebelum akhirnya menjadi profesional. Selain itu terus lakukan latihan secara rutin, jangan kalah akan rasa malas.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu yang menang berniat ingin memulai mempelajari bermain skateboard. Terima kasih!

Tips Lari Uphill dan Downhill

Dalam melakukan segala hal, kita harus berhati – hati dalam melakukan segala hal, termasuk ketika melakukan Uphill dan Downhill dalam berlari. Memang banyak manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga yang satu ini, namun resiko cidera akan selalu mengintai kita jika tidak berhati – hati dalam melakukannya.

Ketika berlari mendaki dan menuruni tanjakan akan memberikan beban pada bagian otot, persendian, juga tulang dengan beban yang berbeda jika dibandingkan dengan melakukan lari pada lintasan datar. Otot – otot yang ada pada tubuh akan bekerja dengam menghadapi beban secara berbeda.

Sebab itu, kami akaan memberikan tips untuk melakukan lari Uphill dan Downhill dengan baik.

Tips Uphill dan Downhill Agar Selamat

1.Cukup Mileage

Kegiatan menaiki dan menuruni tanjakan dipercaya bisa meningkatkan beragam kemampuan, namun untuk yang ingin mencoba melakukan ini janganlah terburu – buru untuk melakukan kegiatan ini. Cobalah awali dengan berlari di lintasan yang aman selama beberapa bulan, jangan paksakan tubuh untuk langsung mencoba medan yang sulit. Pastikan jarak tempuh yang ada cukup.

Mileage yang cukup dapat memastikan kalau pelari sudah memiliki otot yang kuat, terlatih, dan juga memiliki kemampuan aerobic yang mumpuni.

2.Sepatu dengan Sol Keras

Pada umumnya banyak orang yang lebih menyukai menggunakan sepatu dengan sol yang empuk. Hal ini karena sepatu jenis ini nyaman dipakai dan juga dapat mengantarkan kaki untuk beradaptasio dengan aspal atau lintasan.

Namun jika digunakan untuk berlari menanjak dan menurun, pelari membutuhkan sepatu yang kokoh dan stabil. Sepatu yang memiliki sol empuk tidak cukup stabil ketika digunakan untuk melakukan kegiatan ini. Selain itu sepatu itu kurang responsif saat berlari mendaki tanjakan bahkan mudah membuat penggunanya tergelincir saat digunakan pada lintasan yang menurun.

3.Lakukan Bertahap

Bertahap yang dimaksudkan adalah lintasan yang digunakan, seperti tingkatan kecuraman pada lintasan lari yang akan dipilih. Lintasan yang memiliki perbedaan evalasi antara 20 m setiap 1 KM dapat dirasa masih aman untuk para pelari kasual atau masih merupakan pemula.

Tingkat kecuraman, jenis permukaan, jarak, dan juga kecepatan merupakan kombinasi yang pasti akan ditemukan pada kegiatan lari Uphill dan Downhill. Komposisikan kombinasi ini sesuai dengan kemampuan, jangan paksakan.

4.Perhatikan Cara Berlari

Ketika berlari, jangan gugup dan juga jangan menganggap remeh lintasan yang ada. Saat sedang menanjaki lintasan Uphill, kita memiliiki kesempatan juga kuasa untuk dapat melakukan penyesuaian diri. Lalu ketika sedang uphill atau menanjak, pastikan tubuh agar tetap condong ke depan, dan bukan membungkukan sebagian badan, karena tanjakan kerap kali membuat pelari menunduk dan melihat ke bawah. Cara ini dapat membantu dalam melakukan pernafasan dengan baik dan lari menjadi lebih ringan.

Usahakan untuk melakukan pernafasan dari mulut dan keluarkan juga dari mulut. Jangan tegesa – gesa dan pastikan ritme pada tiap tarikan nafas pada 2 – 3 langkah. Nantinya dengan sendirinya nafas akan semakin terasa intens ketika lintasan semakin menanjak.

Gunakan juga ayunan lengan untuk bisa meningkatkan efisiensi dalam berlari. Pastikan tangan bergerak disekitar bagian pinggang, bukan hampir menyentuh bagian ketiak.

Meski terkesan lebih ringan, jangan sepelekan downhill. Berlari downhill akan menuntut pelari untuk bisa berkonsentrasi, menjaga keseimbangan, dan juga koordinasi yang baik. Lakukan dengan menjaga foot strike dan menghindari heel strike yang akan memberikan efek mengerem sekaligus membebani.

5.Cooling Down dan Stretching

Terakhir adalah lakukan pendinginan dan penguluran, jangan sepelekan hal ini karena bisa menjadi obat generic terbaik.

Itulah beberapa tips mengenai berlari Uphill dan Downhill. Semoga bermanfaat!

Tips Melakukan Surfing!

Surfing merupakan kegiatan yang asik dilakukan jika memang sudah mahir melakukannya. Jika kamu pergi liburan ke Bali, Lombok, atau Sumbawa dan mengunjungi pantai – pantainya, kamu dapat melihat para peselancar yang sedang asik bermain – main di tengah ombak. Ombak yang tinggi dan didukung dengan pemandangan yang indah, membuat para peselancar ini menganggap Indonesia sebagai surganya para peselancar.

Melihat mereka melakukan beragam aksi yang menantang, pasti membuat kamu ingin melakukan hal yang sama bukan? Tapi olahraga satu ini masuk ke dalam olah raga yang ekstrem. Membutuhkan kemampuan dan mengetahui teknik yang benar untuk bisa melakukannya.

Sebelum melakukan surfing, ada baiknya kita untuk mengetahui tentang tips berselancar untuk para pemula. Berikut tipsnya untuk kamu.

Tips Melakukan Surfing Bagi Pemula

1.Bisa Berenang

Jika kamu ingin melakukan surfing, pastikan kamu bisa berenang, ya! Karena sebagian besar aktivitas ini berkaitan dengan teknik berenang. Kalau kamu ingin melakukannya tapi tidak bisa berenang, setidaknya pelajari terlebih dahulu teknik – teknik berenang. Mulai dari mengambang, berenang, hingga gaya bebas.

Lalu sebaiknya sebelum mencoba untuk mengayuh papan selancar ini di laut bebas, ada baiknya untuk mencobanya di pantai yang aman serta memiliki ketinggian ombak yang sedang.

2.Pemanasan

Sebelum memulai latihan selancar, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan dapat membuat otot menjadi lemas dan menghindari terjadinya keram, terutama untuk bagian kaki dan tangan.

Pastikan kamu melakukan pemanasan dengan benar. Jika tidak melakukannya dengan baik, takutnya otot bukannya lemas malah menjadi keram saat sedang melakukan pemanasan.

3.Latihan Mendayung

Selain latihan berenang seperti melakukan gaya bebas dan berenang di lautan, kini cobalah untuk berlatih mendayung di atas papan. Biasanya para peselancar melatihnya di pinggir pantai sebelum mencoba berselancar di lautan. Lakukan ini dengan cara telungkup di atas papan.

Pastikan tubuh kamu merasakan nyaman dan berada pada posisi yang pas. Jika sudah, gunakan kedua tangan untuk melakukan gerakan mendayung. Gerakkan tangan dalam air yang kuat sambil menutup jari – jari tapat. Jangan lakukan dengan terburu – buru saat mendayung, lakukanlah dengan gerakan yang santai.

Ketika mendayung, jangan lupa untuk mengaitkan tali yang ada pada board agar kamu tidak terbawa arus ombak saat jatuh dari papan.

4.Lakukan Latihan Duck Diving

Saat sudah dapat melakukan beberapa latihan yang ada di atas, kini cobalah latihan gaya duck diving atau biasa disebut gaya bebek. Ini merupakan gaya yang akan memungkinkan kamu untuk mengayuh keluar saat melewati ombak.

Tujuannya adalah untuk bisa menghindari kehilangan stamina saat terus menerus terhantam ombak. Kamu harus bisa fokus untuk bisa menguasai gerakan ini. Jangan terlalu panik saat dihantam ombak, pastikan posisikan tubuh berada pada atas papan senyaman mungkin.

5.Latihan Berdiri, Kendarai Ombak, dan Kenal Etiket Berselancar.

Berdiri pada atas papan tidak semudah yang dilihat, kamu harus bisa mengendalikan keseimbangan tubuh dan juga pandangan mata fokus ke depan. Mulai denhan memindahkan tangan dari posisi mendayung, lalu posisikan tangan pada atas dada secara perlahan untuk mendorong tubuh ke atas. Lakukan ini dengan cepat agar tidak mudah terjatuh.

Setelah itu kendarai ombak, kenali karakteristik ombak dulu sebelum mengendarainya. Kalau ombak miring, terapkan teknik mengayuh agar tetap ada di depan ombak. Tapi jika ombak itu ekstrem, ikutilah dropline palung datar gelombang. Karena kemungkinan ombak ini akan menghempaskan para peselancar secara acak.

Kenalilah etika dalam surfing, patuhi aturan yang harus peselancar atuhi. Seperti sikap berselancar saat mendayung pada arah ombak. Pada kondisi tersebut, hanya para peselancar yang dekat ombak yang boleh mendekatinya.

Itulah beberapa tips dalam berselancar, semoga membantu!

Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat CFD

Car Free Day atau biasa disingkat CFD merupakan hari bebas kendaraan bermotor yang dilakukan disepanjang jalan MH Thamrin dan Sudirman. Kegiatan ini sering dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan beragam kegiatan seru di sana.

Biasanya mereka juga mengajak keluarga atau teman untuk dapat bersama menghabiskan waktu saat CFD. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat sedang melakukan kegiatan ini. Kira – kira ada apa saja, ya? Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan selama CFD.

Kegiatan Saat CFD

1.Olahraga

Hal pertama dan biasanya selalu dilakukan mereka yang mengikkuti CFD adalah berolahraga. Biasanya mereka akan mulai berlari santai dari MH Thamrin dan berakhir di bundaran senayan. Jarak tempuh yang bisa diambil adalah kisaran 6 Km.

Mungkin memang terlihat melelahkan, namun kegiatan ini akan menjadi seru jika kita turut membawa keluarga atau teman sambil berolahraga. Karena berlari sambil bersenda gurau sepertinya kegiatan yang menyenangkan.

Jangan lupa membawa minum, ya. Tapi kalau tidak bawa juga tidak apa – apa, kalian bisa membeli minuman di pedagang yang berjualan di sepanjang rute CFD.

2.Bersepeda

Kini bersepeda merupakan hal yang cukup sulit dilakukan jika pada hari biasa, karena banyak mobil dan motor yang dapat seketika menyenggol pesepeda yang sedang mengendarai sepeda mereka. Tentunya hal ini membahayakan dan membuat banyak orang enggan menggunakan sepeda sebagai transportasi mereka untuk pergi ke kantor.

Tapi di CFD ini, kalian dapat menggunakan sepeda dengan santai. Karena tidak ada kendaraan bermotor yang akan mengklakson kalian di sini. Selain itu kini sudah terdapat jalur sepeda yang telah diresmikan oleh gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ini membuat para pesepeda semakin leluasa dalam menggoes sepeda mereka di jalan protokol ini.

3.Wisata Kuliner

Selain melakukan kegiatan berolahraga yang membuat badan lelah, kalian juga bisa memanfaatkan kegiatan CFD ini sebagai tempat untuk berwisata kuliner. Karena banyak sekali pedagang yang berjualan di lokasi CFD.

Bahkan kamu bisa menemukan makanan yang jarang ditemui di tempat lain. Mulai dari makanan ringan sampai ke makanan berat bisa kamu temui di sini. Selain itu harga yang pedagang tawarkan di sini juga murah – murah. Jadi jangan lupa untuk mampir dan mencicipi makanan yang mereka tawarkan, ya!

4.Belanja

Selain membeli makanan yang ada di CFD, kamu juga bisa memanfaatkan CFD sebagai tempat kamu berbelanja barang murah. Di CFD banyak yang menjual pernak – pernik menarik. Mulai dari lukisan, mainan anak, baju, alat elektronik, sampai ke merchandise K-pop juga bisa ditemukan.

Ada juga pasar dadakan di CFD ini, kamu bisa menemukan banyak barang – barang menarik dan unik di sana. Tapi kamu harus berhati – hati, karena pasar dadakan ini cukup padat dan sempit. Jadi jaga barang pribadi kamu dengan baik.

5.Hunting Foto

Terakhir dan tidak boleh terlewat adalah hunting foto. Kamu tidak boleh melewatkan untuk berfoto di depan awasan bundaran Hotel Indonesia yang terkenal itu. Biasanya mereka yang datang ke lokasi CFD selalu menyempatkan diri untuk mengabadikan momen di depan ikon ini.

Selain itu masih banyak spot foto yang tidak boleh dilewatkan karena saat CFD hampir semua tempat di lokasi tersebut sangat cocok untuk menjadi lokasi foto kalian.

Nah, itulah beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan saat sedang CFD. Jadi cobalah datang dan bersenang senang di kegiatan Outdoor satu ini, ya!!